Prinsip Perlindungan & Pengelolaan Lingkungan Hidup Berdasarkan Hukum Islam Prespektif UU No. 32 Tahun 2009

  Jumat, 21 Oktober 2016 - 15:03:31 WIB   -     Dibaca: 231 kali

Abdullah Jayadi, Kamis(17/12/2015) berhasil menyelesaikan Program Studi Doktor Ilmu Hukum, Fakultas Hukum Untag Surabaya. Penelitian Abdullah Jayadi tentang Prinsip – Prinsip Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Berdasarkan Hukum Islam Dalam Prespektif Undang – Undang No. 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Abdullah Jayadi mengatakan agar lebih menjamin kepastian hukum dan memberikan perlindungan terhadap hak setiap orang untuk mendapatkan lingkungan hidup yang lebih baik dan sehat sebagai bagian dari perlindungan terhadap keseluruan ekosistem, perlu dilakukan pembaruan terhadap UU Nomor 23 Tahun 1997 Tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup. Sehubungan dengan hal tersebut adanya perbedaan prinsip – prinsip perlindungan dan pengelolaan lingkungan dalam UU No. 32 Tahun 2009 dengan hukum Islam, maka perlu pengkajian secara mendalam dalam rangka politik hukum lingkungan hidup di Indonesia.

Adapun hasil penelitian Abdullah Jayadi adalah ditemukan sinergi antara prinsip perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang terdapat dalam Undang – Undang No.32 Tahun 2009 tentang Perlindungan Hukum Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dengan prinsip perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dalam Hukum Islam. “ Sinergitas prinsip pengelolaan terdapat dalam prinsip pembangunan berkelanjutan untuk kemaslahatan dan keberlangsungan hidup manusia, ” tambah Jayadi.

Dalam konteks politik hukum perlindungan lingkungan hidup di Indonesia dimasa mendatang “ sebaiknya ada kebijakan bersifat terpadu yang merupakan perpaduan antara kebijakan perlindungan lingkungan hidup dalam Undang – Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dengan fiqih lingkungan yang saling melengkapi satu sama lain, ”tutupnya.


KOMENTAR